Momen Prabowo Banggakan Tim Aerobatik Jupiter TNI AU, Langsung Undang Makan di Kediamannya

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto mengungkapkan kebanggaannya kepada tim akrobatik udara Landasan Udara (Lanud) Adisutjipto Yogyakarta, Jupiter Aerobatic Team (JAT), yang tampil dalam pameran industri pertahanan Indo Defence 2022 Expo & Forum.

Sumber foto: Tim media Prabowo Subianto
Sumber foto: Tim media Prabowo Subianto

Jakarta | dekade08.id - Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto mengungkapkan kebanggaannya kepada tim akrobatik udara Landasan Udara (Lanud) Adisutjipto Yogyakarta, Jupiter Aerobatic Team (JAT), yang tampil dalam pameran industri pertahanan Indo Defence 2022 Expo & Forum.

Tim ini menampilkan beberapa atraksi manuver, di antaranya aksi akrobatik Jupiter Roll, Delta Pass, Arrow Head Pass, Vulcan and Leader Benefit, Arrow Head Break Off dan Horizontal Twin Half Cuban. Selain itu, ada atraksi Jupiter Wheel, High-G Trail/Tango to Diamond Pass, Mirror, Screw Roll, Knife Edge, 5-Card Pass dan Bomb Burst.

Usai atraksi, Prabowo mengajak keenam personel Jupiter Aerobatic Team ke atas podium. Dalam kesempatan itu, eks Danjen Kopassus ini mengajak mereka makan malam di rumahnya.

"Saya mengundang mereka ke rumah saya untuk makan malam," ucapnya dan disambut tepuk tangan oleh para hadirin.

Meskipun demikian, Prabowo berkelakar, undangan tersebut tidak datang dengan cuma-cuma. Dalihnya, tidak ada makan malam yang gratis.

"Tetapi, aturan tidak tertulisnya adalah tidak ada makan malam gratis. Bisakah kamu bernyanyi besok?" ucap Prabowo. Para tamu undangan pun tertawa. Setelahnya, Prabowo menyalami satu per satu personel Jupiter Aerobatic Team dan memberikan mereka koin sebagai cendera mata.

Prabowo sebelumnya, melihat manuver Tim Aerobatik Jupiter TNI Angkatan Udara atau Jupiter Aerobatic Team TNI AU. Terlihat pesawat melakukan atraksi di udara dan mengundang tepuk tangan hadirin yang menyaksikan. 

Setelah Tim Aerobatik Jupiter, manuver dilanjutkan Rafale, pesawat tempur canggih asal Prancis yang bakal segera mengangkasa di Tanah Air. Prabowo telah sepakat membeli 42 unit pesawat tempur Dassault Rafale pada pada awal tahun lalu. 

"Sedang uji coba dan sebagainya, beberapa tahun lagi sudah bisa operasional. Kita harap jangan terlalu lama," kata Prabowo.

Artikel Terkait