Alasan Jokowi Dukung Prabowo

Level Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo atau mantan Gubernur DKI Jakarta Anies baswedan masih jauh dari Prabowo dalam konteks mengantisipasi ancaman global ini.

Presiden Joko Widodo dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Foto: Dok Tribun
Presiden Joko Widodo dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Foto: Dok Tribun

Dekade08.id - Keputusan Presiden Joko Widodo mendukung Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mengikuti Pilpres 2024 sangat beralasan. Direktur Eksekutif Skala Survei Indonesia (SSI) Abdul Hakim menilai Prabowo mampu menjawab tantangan bangsa dan ancaman global di masa depan. 

"Di antara calon-calon pemimpin Indonesia yang memiliki tingkat eleksi yang sudah baik saat ini, Prabowo Subianto menjadi jawaban satu-satunya terkait ancaman global ini," kata Hakim.

"Dengan rekam jejak pergaulan internasional, background militer yang melekat, serta punya trah seorang ekonom, tentu Prabowo Subianto memiliki cukup kompetensi untuk melakukannya," tambah dia.

Dalam beberapa kesempatan, Jokowi menunjukkan dukungan kepada Ketua Umum Partai Gerindra itu untuk maju Pilpres 2024. Jokowi mengonfirmasi Prabowo sebagai pemimpin pro rakyat, yang cirinya seperti ia sampaikan di acara relawan Nusantara Bersatu. Jokowi semakin sering mengajak Prabowo untuk mendampinginya dalam kunjungan kerja. Bahkan, saat meresmikan Asrama Mahasiswa Nusantara, Jokowi dan Prabowo berangkat semobil. 

Hakim melanjutkan, level Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo atau mantan Gubernur DKI Jakarta Anies baswedan masih jauh dari Prabowo dalam konteks mengantisipasi ancaman global ini. Sebagai seorang pemimpin, Jokowi pasti memahami tantangan yang akan Indonesia hadapi dan sosok pemimpin yang bisa mengantisipasi.

Tantangan global seperti meningkatnya ketegangan global imbas invasi Rusia ke Ukraina; konflik di Laut China Selatan antara antara China, Taiwan, Filipina, Malaysia, Brunei Darussalam, dan Vietnam; serta risiko resesi ekonomi. 

"Dalam situasi ketegangan global yang saat ini mencengkeram berbagai negara dunia, tentu sangat diperlukan langkah antisipasi yang sangat baik. Untuk itu, dibutuhkan sosok pemimpin yang terus bisa membuat situasi politik Indonesia tetap stabil dalam rangka melanjutkan pembangunan," tuturnya. 

Hasil survei nasional SSI pada awal November menguatkan pendapat tersebut. Selain Jokowi, masyarakat percaya Prabowo sebagai tokoh yang dapat mengantisipasi dampak dari ancaman ketegangan global terhadap situasi keamanan, politik, dan ekonomi Indonesia. 

Selain itu, Prabowo diyakini dapat melanjutkan estafet pembangunan dan menjaga stabilitas politik nasional. "Dalam konteks ini, sangat relevan jika kemudian sinyal-sinyal dukungan Pak Jokowi terhadap Pak Prabowo menguat," kata Hakim.

Artikel Terkait