Lembaga Survei Indonesia: Prabowo Unggul

Survei terbaru dari Lembaga Survei Indonesia (LSI) menempatkan Prabowo Subianto di urutan teratas, unggul atas Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan

Direktur Eksekutif Lembaga Survei Indonesia, Djayadi Hanan
Direktur Eksekutif Lembaga Survei Indonesia, Djayadi Hanan

Jakarta - Survei terbaru dari Lembaga Survei Indonesia (LSI) menempatkan Prabowo Subianto di urutan teratas, unggul atas Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan. Hasil survei dirilis pada Selasa (11/7/2023).

Hasil Top of Mind dari survey LSI ini menempatkan Prabowo di posisi puncak. Responden diberikan pertanyaan terbuka: Jika pemilihan presiden dilakukan hari ini, siapa yang Ibu/Bapak pilih sebagai presiden?...(%)

Hasilnya Prabowo Subianto meraih 20%, disusul Ganjar Pranowo dengan 19,9%, Joko Widodo 10,3%, Anies Baswedan 9,6%, Ridwan Kamil 1,2% dan ada nama-nama lain yang berada di bawah 1%. Berikut hasil Top of Mind survei LSI:

Pada simulasi 19 nama, responden diberikan pertanyaan: Jika pemilihan presiden diadakan sekarang, siapa yang akan Ibu/Bapak pilih sebagai presiden di antara nama-nama berikut?...(%)

Hasilnya Prabowo di urutan pertama dengan 25,3%, disusul Ganjar Pranowo dengan 25,1% dan Anies Baswedan 15,4%. Ada nama-nama lain yang mendapat angka di bawah 5% seperti Ridwan Kamil, Erick Thohir, Mahfud MD. Berikut hasil lengkap simulasi 19 nama:

Pada simulasi 3 nama, responden diberi pertanyaan tertutup: Jika pemilihan presiden diadakan sekarang, siapa yang akan Ibu/Bapak pilih sebagai Presiden di antara nama-nama berikut?...(%)

Prabowo Kembali menempati urutan teratas dengan 35,8%, disusul Ganjar dengan 32,2% dan Anies Baswedan dengan 21,4%.

“Prabowo unggul 3,6%. Sudah cukup bagus tapi belum mencapai dua kali margin of error,” ucap DIrektur Eksekutif LSI Djayadi Hannan.

Menurut Djayadi, nama Prabowo Subianto mengalami peningkatan dari sebelumnya 30,3% pada April lalu menjadi 35,8% pada Juli. Nama Ganjar Pranowo juga mengalami peningkatan dari April lalu 26,9% menjadi 32,2% pada Juli. Sedangkan nama Anies Baswedan mengalami penurunan dibanding April lalu 25,3% menjadi 21,4% pada Juli.


"Terjadi tren penguatan dukungan kepada Prabowo, secara konsisten sejak Januri 2023 sampai sekarang," ucap Djayadi.

Sementara pada simulasi head to head, Prabowo juga unggul atas Ganjar dan Anies. Jika dihadapkan dengan Ganjar, Prabowo unggul dengan 48,1%, Ganjar dengan 38,1%.

Jika dihadapkan dengan Anies Baswedan, Prabowo juga unggul hingga melebihi 50%. Berikut hasilnya:

Populasi survei LSI adalah warga negara Indonesia yang berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah dan memiliki telepon/cellphone, sekitar 83% dari total populasi nasional. Survei dilakukan pada 1-8 Juli 2023.

Pemilihan sampel dilakukan melalui metode random digit dialing (RDD). RDD adalah teknik memilih sampel melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak. Wawancara dengan responden dilakukan lewat telepon oleh pewawancara yang dilatih.

Dengan teknik RDD sampel sebanyak 1.242 responden dipilih melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak, validasi, dan screening. Margin of error survei diperkirakan ±2.8% pada tingkat kepercayaan 95%, asumsi simple random sampling.

 

Artikel Terkait