Pertama Dalam Sejarah, Alek Pacu Kuda di Tanah Datar Dibuka oleh Seorang Menteri

Momen tersebut menjadi catatan sejarah lantaran ini merupakan kali pertama bagi acara alek pacu kuda yang dibuka oleh seorang menteri

Sumber foto: Tim media Prabowo Subianto
Sumber foto: Tim media Prabowo Subianto

Tanah Datar - Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto secara resmi membuka alek pacu kuda yang digelar di Lapangan Dang Tuanku Buki Gombak Batusangkar, Kabupaten Tanah Datar, Minggu (30/4).

Momen tersebut menjadi catatan sejarah lantaran ini merupakan kali pertama bagi acara alek pacu kuda yang dibuka oleh seorang menteri. “Ini sejarah bagi kami, selama dimulainya alak pacu kuda di lapangan Dang Tuanku Bukit Gombak, ini baru yang pertama kali dibuka oleh Menteri,” ungkap Bupati Tanah Datar, Eka Putra.

Dalam sambutannya kepada ribuan pengunjung yang menghadiri acara tersebut, Prabowo mengungkapkan, kedatangannya ke Lapangan Pacu Kuda Dang Tuanku Bukit Gombak sama halnya dengan pulang ke kampung halaman kedua. Apalagi, kunjungan tersebut mendapat sambutan hangat dari masyarakat setempat.

Kedatangan Prabowo sekaligus mengenang masa kecilnya, di mana ia pernah berkunjung ke lapangan tersebut saat berusia lima tahun. “Hari ini saya sangat gembira hadir di sini. Beberapa puluh tahun lalu, waktu saya masih anak kecil, saya pun berada di lapangan ini,” ungkap Prabowo.

Sementara itu, Ketua Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (Pordasi) Sumatera Barat yang juga Wali Kota Sawahlunto Deri Asta menyampaikan apresiasinya atas penyelenggaraan pacuan kuda di Tanah Datar yang dihadiri oleh tokoh-tokoh nasional ini.

Hal itu menunjukkan adanya perhatian tokoh nasional tersebut terutama Menhan Prabowo terhadap olahraga berkuda di Sumatera Barat. “Kehadiran mereka menambah semangat kita untuk mengembangkan olahraga berkuda di Sumatera Barat” kata dia.

“Kehadiran mereka menambah semangat kita untuk mengembangkan olahraga berkuda di Sumatera Barat” kata dia.

Artikel Terkait