Prabowo Serahkan Bantuan untuk Korban Gempa Cianjur

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto turun langsung menemui korban gempa di Cianjur. Ia juga menyerahkan bantuan kepada korban bencana.

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menemui korban gempa di Cianjur. Foto: Dok Kemenhan
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menemui korban gempa di Cianjur. Foto: Dok Kemenhan

Dekade08.id - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto turun langsung menemui korban gempa di Cianjur. Ia juga menyerahkan bantuan kepada korban bencana terdiri dari, 10 tenda, seribu paket selimut, seribu tikar, seribu paket sembako, seribu paket kombinasi.

Prabowo juga mendampingi Presiden Joko Widodo yang mengunjungi para korban gempa di pengungsian dan Rumah Sakit Sayang, Cianjur. Kunjungan ke Rumah Sakit Sayang untuk memastikan korban gempa mendapat penanganan yang baik.

Prabowo dalam keterangannya kepada media saat mendampingi Jokowi menjelaskan bahwa penanganan korban bencana gempa bumi di Cianjur sudah baik seperti yang Presiden tekankan bahwa penyelamatan korban harus cepat, dan reaksi TNI, Polri, dokter dan tenaga kesehatan serta untur-unsur lainnya baik dan cepat.

“Saya menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya kepada mereka yang bereaksi cepat sehingga penderitaan rakyat bisa segera dimitigasi,” kata Prabowo, Kamis (24/112022).

Prabowo pada kesempatan tersebut juga sempat berbincang dengan tim kesehatan mengenai penanganan korban. “Inilah gotong royong Indonesia, saudara kita ada yang  terkena musibah, kita semua ikut merasakan. Untuk bantuan evakuasi helikopter TNI siap,” tegas Prabowo.

Korban gempa Cianjur masih terus bertambah. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat korban meninggal sudah lebih dari 260 orang. Sedangkan korban luka sudah lebih dari 370 orang.

Gempa magnitudo 5,6 mengguncang Cianjur. 10 lokasi terdampak gempa, yakni Cianjur, Karang Tengah, Warungkondang, Cilaku, Gekbrong, Cugenang, Cibeber, Sukaluyu, Sukaresmi, dan Pacet. BPBD Cianjur mencatat kerugian material, yakni 2.834 rumah rusak, lima tempat ibadah rusak, 13 fasilitas pendidikan rusak, 10 kantor dan gedung rusak, lima faskes rusak, satu kios rusak, dua jembatan terdampak, dan dua titik jalan terdampak.

Sedangkan Presiden ingin memastikan bantuan untuk warga yang mengungsi terdistribusikan dengan baik. "Saya ingin memastikan bahwa logistik di lapangan terdistribusi dengan baik. Makanan, obat-obatan, logistik, semuanya terdistribusi dengan baik," kata Jokowi.

Presiden mengatakan titik lokasi yang terdampak gempa di Cianjur cukup banyak, sehingga proses distribusi bantuan memerlukan waktu. Namun dia memastikan, bantuan akan terdistribusikan ke semua warga yang terdampak gempa.

Artikel Terkait