Survei Indikator: Pertama Kalinya Prabowo Ungguli Ganjar

Survei Indikator: Pertama Kalinya Prabowo Ungguli Ganjar

Prabowo Subianto
Prabowo Subianto

Jakarta | Dalam survei yang dirilis Indikator hari ini, elektabilitas Prabowo Subianto menyalip Ganjar Pranowo. Prabowo unggul baik dalam simulasi 19 maupun 3 nama. Survei bertemakan isu-isu mutakhir dan dinamika elektoral pasca batalnya Indonesia sebagai tuan rumah piala dunia u-20.

Prabowo Subianto unggul dalam simulasi 3 nama dengan tingkat elektabilitas 32,7% disusul Ganjar Pranowo dengan 27,9% dan Anies Baswedan di posisi terakhir dengan 22,2%.

Dalam simulasi 19 nama Prabowo berada di posisi teratas dengan elektabilitas 22,2%. Lalu, disusul Ganjar dengan 19,8% dan Anies Baswedan di urutan ketiga dengan 15,9%.

Direktur Eksekutif Indikator Burhanuddin Muhtadi menjelaskan bahwa Prabowo menempati urutan pertama untuk pertama kalinya di satu tahun terakhir dalam survei yang dilakukan lembaganya. 

"Dalam satu tahun terakhir untuk pertama kalinya Pak Prabowo menyalip Pak Ganjar," Kata Burhan melalui zoom meeting, Rabu (19/4/2023)

Dijelaskan pada survei terakhir yang dilakukannya di bulan maret, Ganjar masih menempati posisi atas, namun pada periode April 2023 Prabowo menempati urutan teratas. 

"Selama satu tahun terakhir Pak Prabowo akhirnya kembali menyalip Ganjar Pranowo. Pada bulan April ini Pak Prabowo sudah melewati Ganjar meskipun masih di dalam margin of eror," Jelasnya. 

Untuk diketahui, survei dilakukan pada 8-13 April melalui telepon dengan 1212 responden melalui metode random digit dialing (RDD) dengan margin of eror 2,9% dengan tingkat kepercayaan 95% pada asumsi simple random sampling.

Artikel Terkait